Sabtu, 16 Maret 2013

Biografi Penyair

Pelajaran kuliah isinya tentang biografi-biografi penyair-penyair zaman jahiliyah, zaman islam, dan seterusnya. Hff, lama-lama bete masa mereka disebut-sebut terus padahal mereka udah ga ada sekarang kan giliran aku yang gantiin mereka :D
Ini contoh tugas yang lagi kukerjain :

Hasan Bin Tsabit
Ayahnya bernama Tsabit Bin Mandzur bin Harom al Khazraji yang termasuk berpengaruh dan dihormati kaumnya. Ibunya bernama Fari’ah dari Khazraji seperti ayahnya. Mereka mengenal Islam kemudian masuk islam. Ia hidup di zaman jahiliyyah selama 60 tahun dan 60 tahun pada masa islam. Hasan masuk islam ketika Rasulullah hijrah ke Madinah. Ketika Rasulullah dihina oleh orang-orang kafir, Tsabit menghibur beliau dengan syair-syairnya.
Karakteristik puisinya:
v  Sebelum masuk islam:
§  Kasar, kering, keras bahasanya.
v  Setelah masuk islam :
§  Haja’
§  Pujian
§  Madh / ghazal
§  Tentang kebangga-banggaan / hamasah


Hmm itu hasil dari ngrangkum referensi berbahasa arab lohh,,,tapi sama nyari di google juga siih...habis pusing liat huruf arab teruuusss,,,,,(ih gayyyaaaa)

Nah sekarang aku juga ga mau kalah sama Hasan bin Tsabit dkk.

Biografi penyair Islam modern.
Bbusmile

Nama aslinya Bakhroh Baesatul Umamah, lahir di daerah Kebumen, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Ayahnya bernama Parsono dan Ibunya bernama Siti Haryati. Ayahnya adalah seorang penjual tanah air (pengusaha genteng sokka, yang terkenal itu looohh).  Meski bukan lahir dari keluarga penyair, Bbusmile dapat membuat karya-karya yang monumental dan disenangi orang-orang. Sejak kecil, ia senang mendalami perasaanya sehingga ia sering menuangkanya dalam tulisan-tulisan. Kemudian itulah yang menjadikanya piawai dalam bersyair. 
Karakteristik puisi-puisinya :

- bertema cinta
- semangat
- kebahagiaan
- kesepian
- ungkapan syukur
- doa


Karya-karyanya yang banyak dan indah-indah, sekarang telah diabadikan dan disimpan rapi. Jika anda ingin mendapatkanya silahkan beli di toko-toko terdekat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar