Senin, 25 Maret 2013

Komunikasi

Menurut Power Point dari Direktorat Pendidikan ITB, untuk mencapai kesuksesan terdapat dua hal yang menentukan yang sangat penting, yaitu izin Tuhan dan Soft Skills.  Ngomong-ngomong, soft skills maksudnya bukan 'kemampuan lembut' , akan tetapi kemampuan seseorang untuk berinteraksi sosial dan mengatur dirinya sendiri sehingga mampu menjadikanya berkompeten dalam bekerja. Nah ada 7 area soft skills menurut Patrick O'Brien dalam bukunya "Making College Count" yaitu : 

Communication Skills
Organization Skills
Leadership
Logic
Effort
Group Skills
Ethic

Dari itu, kita hanya akan membahas tentang Communication Skills dulu, yang paling penting dan yang menurut saya paling susah. Kenapa komunikasi itu penting? Tentu saja, karena komunikasi dapat mengantarkan kita kepada kesuksesan itu. Jika komunikasi dengan Tuhan baik, komunikasi dengan manusia baik, pintu kesuksesan akan terbuka lebar di depan mata. Lihat saja dalam kenyataan, seorang pengusaha atau pekerjaan apapun akan membutuhkan orang lain dalam menjalankan usahanya. Semakin banyak orang yang kita kenal, semakin mudah kita menjalankan bisnis tersebut. Misalnya saja, kita mengenal si A pandai dalam bidang ini, si B dalam bidang itu, jika suatu saat kita membutuhkanya kita bisa menjadikanya referensi untuk membantu kita, dan jika kita mengenal baik semua orang, tentu semuanya akan lebih mudah karena orang juga akan percaya dengan kita. Komunikasi sendiri terbagi menjadi dua :
- Komunikasi Lisan
- Komunikasi Tulisan

Komunikasi lisan, menyaratkan konsentrasi tinggi dalam menjalankanya. Ketika kita sedang berkomunikasi, hadirkanlah hati kita, usahakan jangan memikirkan hal yang lain, agar tidak terjadi miss komunikasi. Sebaiknya, komunikasi yang baik saling berkonsentrasi dan memandang matanya. Supaya tidak terjadi salah paham, diperlukan komunikasi yang efektif dengan cara mengajukan pertanyaan yang tepat untuk menghasilkan informasi yang berguna. Beberapa tips-tips komunikasi one on one :

 gunakan alat bantu, 
 tidak membuat pertanyaan ambigu,
 bertanya untuk memastikan,
 catat point2 penting dan sampaikan rangkumanya.

Oiya, hal lain yang penting juga dalam berkomunikasi adalah bahasa. Semakin banyak bahasa yang dikuasai maka, komunikasi semakin lancar dimanapun berada. Namun, jika kita belum banyak menguasai bahasa lain, cukup kita mengetahui bahasa Nasional dan Internasional.


Untuk komunikasi tulisan, tips-tips nya adalah sebagai berikut :

* sampaikan padat dan jelas
* hilangkan ketidaksukaan dalam menulis
* gunakan bentuk poin dan penekanan
* jadilah editor mandiri
* familiar dengan teknologi

Pembahasan di atas termasuk dalam konteks dunia kerja, berdasarkan Power Point yang dibuat oleh Direktorat Pendidikan ITB, semoga yang sedikit ini sedikit membuka mata kita juga agar lebih terbuka memandang masa depan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar