Jumat, 15 Maret 2013

Teman

Wanita itu membutuhkan teman untuk mendengarkan isi hatinya. Sebenarnya ketika ia menceritakan suatu hal, ia tidak membutuhkan solusi, atau ia bukan ingin mengeluh, atau juga bukan ingin dipuji. Simpel, ia hanya ingin orang lain mendengarkan ceritanya. Seperti ketika seseorang menceritakan pertandingan bola yang baru ditontonya semalam pada teman yang sama-sama menonton pertandingan yang sama.

Tapi, tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Beberapa orang malah berefek buruk dalam pertemanan karena tidak bisa menjadi pendengar yang baik.

 Ada orang yang tidak  menyukai apa yang dikerjakan temanya itu, meskipun apa yang dilakukan temanya adalah hal yang baik, hanya karena temanya tidak mengikuti pendapat umum, ia menentang keras apa yang dilakukan temanya. Ia kemudian menjadi boomerang yang siap menghantam temanya dan mengecilkan hati temanya.

Ada yang selalu mendukung apa yang dilakukan oleh temanya, sampai-sampai hal burukpun ia dukung demi membuat temanya merasa nyaman denganya.

Ada juga yang mau mendengarkan cerita bahagia temanya saja dan tidak mau mendengar keluh kesahnya dan menganggap temanya adalah anak yang manja dan suka mengeluh.

Ada juga yang mau mendengarkan semua cerita temanya ketika temanya menjadi pusat perhatian banyak orang, dengan harapan ia menjadi orang nomor satu yang mengetahui hal apa saja yang terjadi pada temanya dan kemudian menceritakanya kepada semua orang dengan bangga.

Dan teman yang paling baik, dan sehat itu adalah teman yang mau mendengarkan cerita temanya baik dalam keadaan suka maupun duka, selalu mampu menyimpan rahasia temanya dengan rapi, mengingatkan ketika yang dilakukan temanya itu salah, mendukung jika temanya berbuat benar, mampu menenangkan temanya, dan bukan malah membuat temanya semakin terbebani, memberikan nasehat-nasehat positif, dan saling tolong menolong.

Karena saya telah menuliskan hal ini, sekarang saya harus bercermin dulu, dimanakah posisi saya? Apakah saya sudah menjadi teman yang baik??? Kalau belum, berarti saya harus segara berbenah karena ini penting juga dalam menjalin hubungan pertemanan, termasuk teman hidup :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar